Minggu, 31 Januari 2010

Menakar kemampuan diri menghadapi kegagalan

Bagaimanakah kita bersikap dalam menghadapi kegagalan? Hanya ada dua pilihan yang bisa kita ambil, dua pilihan ini akan menghasilkan dua hal yang bertolak belakang.

"Orang Sukses Selalu Kelebihan Satu Cara, Orang Gagal Selalu Kelebihan Satu Alasan"

1. Berpikir menjadi Orang Sukses

Orang seperti ini akan selalu memiliki kelebihan satu cara dalam setiap rintangan yang menghadang.

2. Berpikir menjadi Orang Gagal

Orang seperti ini akan selalu memiliki kelebihan satu alasan dalam setiap tantangan yang menerjang.

Kedua sikap tersebut mempunyai dampak yang sangat berbeda, meski problematika yang dihadapi sama tetapi penyikapan yang dipilih akan membawa perbedaan. Perbedaan ini akan terlihat dari sikap mental dalam menghadapi setiap kegagalan. Bagi yang bermental sebagai pemenang pastilah akan jauh lebih siap dari pada mereka yang bermental pecundang.

Mereka yang bermental pecundang selalu mempunyai dalih dan seribu satu alasan mengapa ia gagal dalam mewujudkan impiannya. Parahnya, dalih itu datang silih berganti seolah tiada habisnya.

Satu masalah selalu disikapi dengan satu atau bahkan lebih alasan tanpa ada solusi. Satu problem yang muncul akan dijawab dengan seribu satu alasan yang hanya akan membawa diri pada problem lain yang seolah takkan terselesaikan.

Seorang bermental pecundang dan berjiwa kerdil selalu menemukan alasan mengapa dirinya bisa gagal. Parahnya, hampir semua dalih yang dikemukakan bahkan dengan alasan yang masuk akal menunjuk pada pihak atau kondisi diluar dirinya. Inilah mental pecundang!

Jelas, mental seperti ini adalah mental yang akan menjerumuskan seseorang ke jurang kegagalan lebih dalam.

Sebaliknya, orang yang berjiwa pemenang dan bermental kaya, di saat menghadapi kegagalan, mereka akan melihat ke dalam diri terlebih dahulu. Mereka selalu mengutamakan instrospeksi dan evaluasi diri dengan mencari penyebab dari dalam diri.

Seseorang yang berjiwa the winner akan menilai segala sesuatu dengan selalu mencari kekurangan dan kesalahan dari sumber penyebab kegagalannya. Mereka dengan senang hati akan selalu berusaha mencari dan kemudian memperbaiki penyebab kegagalannya. Dengan begitu, mereka selalu muncul dengan solusi-solusi terbaik untuk mengatasi kegagalannya.

Hebatnya, orang berjiwa pemenang ini seolah-olah bisa mengatasi semua masalah yang dihadapi bahkan dalam kondisi sesulit apapun. Sebab, mereka selalu muncul dengan semangat mencari solusi. Inilah yang membuat orang sukses akan semakin sukses karena ia selalu mempunyai kelebihan satu atau bahkan lebih cara untuk mencapai sukses sebenarnya.

Nah... Termasuk yang manakah anda?

Ditulis kembali dari sumbernya : blog Motivasi Sukses

Template by:

Free Blog Templates